Studi Informatika

Panduan Pembelajaran Ilmu Teknologi & Komputer

Tuesday, February 28, 2017

Pengenalan Sistem Komputer


Di dalam Sistem Komputer terdapat tiga kategori yang bisa membuat sebuah komputer bisa berjalan yaitu :

1. Perangkat Keras ( Hardware ) - Disingkat P/K


Perangkat keras adalah komponen-komponen fisik dari suatu sistem kompiter perangkat keras dapat dikategorikan menjadi 4 bagian yaitu peralatan masukan (input), pemproses (CPU), penyimpan (memori), dan keluaran (output).


2. Perangkat Lunak (Software ) - Disingkat P/L

Perangkat lunak adalah program yang terdiri dari intruksi-intruksi apa yang harus dilakukan oleh perangkat keras (komputer). Interuksi ini ditulis oleh pembuat program dilakukan dengan menggunakan suatu bahasa pemograman tertentu. Sebenarnya komputer hanya mengenal sinyal electronik, yang dalam kode biner diwakili dengan nilai 1 dan 0. Demikian juga seharusnya intruksi-intruksi yang ditulis harus dalam bentuk bilangan biner supaya dapat dimengerti oleh komputer. Akan tetapi hal ini amat sulit dan akan membuat frustasi pemrogram ( misal bahasa assembler ). untuk mengatasi hal ini, maka intruksi-intruksi dapat dibuat dengan sesuatu bahasa pemrograman.

Bahasa inilah yang akan menterjemahkan intruksi pemrogram menjadi bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman tersebut dikenal dengan nama language software. Program yang ditulis oleh pemrogram komputer bertujuan memecahkan suatu masalah tertentu disebut dengan perangkat lunak aplikasi (aplication software).

Perangkat lunak dapat dikategorikan kedalam 3 bagian, yaitu :

  • Perangkat lunak sistem operasi (operating sistem ), yaitu program yang di tulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer. Contoh : DOS (Disk Operationg System), NT, Unix, Novell Netware, Windows 2000.
  • Perangkat lunak bahasa (language sofware), yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman kedalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer. contoh : pascal, Visual Basic, Delphi, Foxpro, C++, C#. 
  • Perangkat Lunak Aplikasi (application Software), yaitu progr4am yang ditulis dan diterjemahkan oleh language softwareuntuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu . contoh : MS Word, MS Excel, Lotus, Corel Darw, Internet Explorer.

3. Pengguna ( Brainware)

Pengguan adalah orang-orang yang membuat program atau sekedar mengguanakan program,. Pengguna depat dikategorikan antara lain : operator, pemrogram, analis sistem, administrator.

Hubungan antara perangkat lunak denga perangkat karas dan pengguna komputer dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Pengguna Komputer  :  operator, pemrogram, analisis sistem, Administrator
  • P/L Aplikasi  :  kelompok pengolah kata, basis data, pengolah tabel, browser, dsb.               P/L Bahasa  :  kelompok bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat tinggi.                                       P/L Sistem Operasi  :  DOS, Unix, Windows, dan lain sebagainya.
  • Perangkat Keras  :  peralatan masukan, pemroses, penyimpan, dan peralatan keluaran.
Pengguna Komputer mengoperasikan P/L aplikasi atau P/L bahasa atau P/L sistem operasi untuk memerintahkan perangkat keras bekerja.
Tuesday, February 28, 2017 February 28, 2017 - tanpa komentar

No comments:

Post a Comment