Studi Informatika

Panduan Pembelajaran Ilmu Teknologi & Komputer

Wednesday, March 1, 2017

MEMORI


Dalam sebuah prosesor tujuan umum (general purpose processor) memori adalah bagian penting dari keseluruhan sistem. Disana diletakkan diseluruh intruksi dan data. Prosesor akan membaca seluruh intruksi yang tersimpan dalam memori dan akan mengakses data yang terdapat di dalamnya. Peran memori ini sangat penting sehingga pengembangan teknologi memori terus berkembang. Terdapat memori utama yang berperan pada saat eksekusi program dan terdapat juga bermacam-macam jenis memori skund. Artikel ini menjelaskan tentang sistem komputer dan komponen memori. Dibahas berbagai jenis memori : memori utama, skunder dan cache. Dilanjutkan tentang pembahasan komponen dasar pembangunnya. Pada bagian awal dijelaskan tentang komponen dan organisasi yang digunakan untuk mengimplementasikan memori. kemudian dilakukan pembahasan peningkatan kecepatan memori dengan menggunakan cache memori. Berikutnya dibahas konsep virtual memori, yang berfungsi meningkatkan ukuran memori, terakhir dibahas perangkat memori eksternal yang memiliki kapasitas yang lebih besar.


Dalam sebuah sistem kompuetr, program dan data tersimpan dalam memori komputer. Disamping prosesor, memori merupakan bagian penting dalam sebuah sistem komputer. kedua komponen ini berintraksi untuk menjalankan program dan pengolahan data. Prosesor berperan sebagai pemroses dan memori berperan dalam menyimpan data dan sekaligus program. Kecepatan eksekusi program sangat ditentukan oleh kecepatan transfer intruksi dan data antara prosesor dengan memori. Proses transfer data menjadi sangat penting karena intensitasnya sangat tinggi.

Sangat penting juga besarnya kapasitas memori untuk menampung sejumlah program yang sedang dieksekusi. Semakin besar memori utama maka semakin besar daya tampungnya seshingga memperkecil pengambilan data dari memori eksternal.

Memori yang ideal memiliki karakteristik kecepatan tinggi, ukuran besar dan harganya murah. Tapi sayangnya, agak sulit untuk menyatukan tiga kriteria tersebut secara bersamaan. Contoh, peningkatan kecepatan dan ukuran akan menaikkan biaya. Untuk mengatasi masalah ini banyak cara yang telah dilakukan salah satu dengan mengembangkan struktur memori, meningkatkan kecepatan dan ukuran memori dengan tetap mempertahankan harga seoptimal mungkin.

Setelah penjelasan singkat diatas menggambarkan  banyak yang harus dibahas dalam judul memori kali ini, untuk itu pada artikel berikutnya saya akan menjelaskan bagian-bagiannya yaitu : Sistem Komputer, RAM - Memori Semikonduktor, Memori ROM (Read Only Memory), dan Memori Cache. Silahkan klik link berikut untuk melanjutkan membaca dari artikel ini.

Memori - 1 : Sistem Informasi

Semoga Bermanfaat :)
Wednesday, March 1, 2017 March 01, 2017 - tanpa komentar

No comments:

Post a Comment