Studi Informatika

Panduan Pembelajaran Ilmu Teknologi & Komputer

Saturday, May 20, 2017

PENGANTAR PENGOLAHAN CITRA

Pengertian pengolahan citra digital
  • Citra digital adalah representasi dari sebuah citra dua dimensi sebagai sebuah kumpulan nialai digital yang disebut elemen gambar atau piksel. Piksel adalah satuan terkecil dari citra yang mengandung nilai terkuantisasi yang mewakili brightness dari sebuah warna pada sebuah titik tertentu.
Gambar aturan koordinat representasi citra digital :
(Sumber gambar : Gonzales & Woods, 2008)


  • Pengolahan citra adalah proses pengolahan sinyal yang infutnya adalah citra. Outputnya dapat berupa citra atau sekumpulan karakteristik atau parameter yang berhubungan dengan citra.
  • Secara umum istilah pengolahan citra digital didefenisikan sebagai pemrosesan citra dua dimensi dengan komputer. Dalam definisi yang lebih luas, pengolahan citra digital juga mencakup semua data dua dimensi. Citra digit6al adalah barisan bilangan nyata maupun kompleks yang diwakili oleh bit bit tertentu.
Baca Juga : Pengenalan Pengolahan Citra Digital

Aplikasi pengolahan citra

Aplikasi pengolahan citra sesuai bidang pengolahan masing-masing :


Prinsip dasar dalam pengolahan citra

Ada 3 prinsip dasar dalam pengolahan citra :

1.  Peningkatan kecerahan dan kontras
Citra yang tidak jelas akibat kekurangan sinar ketika objek dibidik melalui kamera digital, dengan pengolahan citra dapat diperbaiki melalui peningkatan kecerahan dan kontras. 

Contoh peningkatan Kecerahan dan kontras padea sebuah objek

2.  Penghilang derau
Citra yang proses seringkali dalam keadaan terdistorsi atau mengandung derau, untuk kepentingan tertentu derau tersebut perlu dibersihkan terlebih dahulu. Salah satu metode yang diperlukan melalui filter notch.

Contoh penghiolang derau pada objek


3.  Pencarian bentuk objek
Untuk kepentingan mengenali suatu objek didalam citra, objek perlu dipisahkan terlebih dahulu dari latar belakangnya. Salah satu pendekatan yang umum adalah penemuan batas objek. Batas objek berupa bagian tepi objek, setelah diketahui pencarian cirinya dapat dilaksanakan.

Contoh pencarian bentuk objek

Silahkan klik link dibawah untuk pembahasan berikutnya :

Baca juga : Pengenalan Dasar Citra
Saturday, May 20, 2017 May 20, 2017 - tanpa komentar

No comments:

Post a Comment