Studi Informatika

Panduan Pembelajaran Ilmu Teknologi & Komputer

Thursday, June 8, 2017

OPERASI KETETANGGAN PIKSEL

Yang dibahas pada materi ini :
  • Pengertian Operasi Ketetanggan Piksel
  • Pengertian Ketetanggan Piksel
  • Aplikasi Ketetanggan Piksel Pada Filter
Baca Juga : Operasi Piksel Dan Histogram


Pengertian Operasi Ketetanggan Piksel
Operasi ketetanggaan piksel adalah operasi pengolahan citra untuk mendapatkan nilai suatu piksel yang melibatkan nilai piksel-piksel tetangganya. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa setiap piksel pada umumnya tidak berdiri sendiri, melainkan terkait dengan piksel tetangga, karena merupakan bagian suatu objek tertentu di dalam citra. Sifat inilah yang kemudian mendasari timbulnya algoritma untuk mengolah setiap piksel citra melalui piksel-piksel tetangga. Sebagai contoh, suatu citra yang berderau dapat dihaluskan melalui pererataan atas piksel-piksel tetangga. Gambar dibawah ini memberikan ilustrasi operasi ketetanggaan piksel. Delapan piksel tetangga terdekat dengan piksel f(y,x) digunakan untuk memperbaikinya menjadi g(y,x) di tempat yang sama.  

Gambar operasi ketetanggan piksel
Sejumlah tetangga menentukan nilai sebuah piksel


Pengertian Ketetanggan Piksel
Pada pengolahan citra, ketetanggaan piksel banyak dipakai terutama pada analisis bentuk objek. Ketetanggaan piksel yang umum dipakai adalah 4 ketetanggaan dan 8-ketetanggan. Untuk memahami dua jenis ketetanggaan piksel, lihat Gambar dibawah ini:    

Gambar dua macam ketetanggan piksel
  
Pada 4-ketetanggan, T1, T2, T3, dan T4 merupakan tetangga terdekat piksel P. Pada 8-ketetanggan, tetangga piksel P yaitu piksel-piksel yang berada di sekitar P. Totalnya sebanyak 8 buah. Bila P mempunyai koordinat (b, k) dengan b baris dan k kolom, hubungan piksel tetangga terhadap P sebagai berikut.
Pada 4-ketetanggaan
𝑇1 = (𝑏,𝑘 +1),𝑇2 = (𝑏 − 1,𝑘),𝑇3 = (𝑏,𝑘 −1),𝑇4 = (𝑏 +1,𝑘)   (4.1)
Pada 8-ketetanggaan
𝑇1 = (𝑏,𝑘 +1),𝑇2 = (𝑏 − 1,𝑘 −1), 𝑇3 = (𝑏,𝑘 − 1),𝑇4 = (𝑏 − 1,𝑘 − 1)     (4.2) 𝑇5 = (𝑏,𝑘 − 1),𝑇6 = (𝑏 + 1,𝑘− 1), 𝑇7 = (𝑏 + 1,𝑘 − 1),𝑇8 = (𝑏 +1,𝑘 +1)


Aplikasi Ketetanggan Piksel Pada Filter
Ada tiga jenis filter yang menggunakan operasi ketetanggaan piksel yang akan dibahas sebagai pengantar pada bab ini. Ketiga filter tersebut adalah filter batas, filter pererataan, dan filter median. Sebagai filter atau tapis, operasi ketetanggaan piksel berfungsi untuk menyaring atau paling tidak mengurangi gangguan atau penyimpangan pada citra.

1. Filter Bebas
Filter batas adalah filter yang dikemukakan dalam Davies (1990). Idenya adalah mencegah piksel yang intensitasnya di luar intensitas piksel-piksel tetangga. Algoritma yang digunakan untuk keperluan ini dapat dilihat berikut ini.

2. Filter Pererataan
Filter pererataan (Costa dan Cesar, 2001) dilakukan dengan menggunakan rumus:
𝑔(𝑦,𝑥) = 1 9
∑ ∑ 𝑓(𝑦 +𝑝,𝑥 +𝑞) 1 𝑞=−1 1 𝑝=−1

3. Filter Median
Filter median sangat populer dalam pengolahan citra. Filter ini dapat dipakai untuk menghilangkan derau bintik-bintik. Nilai yang lebih baik digunakan untuk suatu piksel ditentukan oleh nilai median dari setiap piksel dan kedelapan piksel tetangga pada 8-ketetanggaan.


Klik link dibawah untuk lanjut pada materi selanjutnya

Baca Juga : Operasi Geometrik
Thursday, June 8, 2017 June 08, 2017 - tanpa komentar

No comments:

Post a Comment