Studi Informatika

Panduan Pembelajaran Ilmu Teknologi & Komputer

Thursday, September 21, 2017

Cara Menghilangkan CMD Yang Sering Muncul

Mungkin pernah terjadi pada teman-teman ketika komputer/laptop sering muncul tiba-tiba kotak hitam seperti cmd namun susah untuk dihilangkan, baik melalui rkill, menghapus cmd.exe atau bahkan ada yang bilang install ulang aja komputer/laptopnya. Hal yang saya tulis di bawah mungkin juga belum tentu bisa menghilangkan cmd namun berdasarkan pengalaman saya komputer saya sekarang gak ada lagi cmd yang sering ganggu muncul tiba-tiba.

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi di komputer saya, dan mungkin hal ini juga pernah terjadi pada laptop atau komputer teman-teman, yaitu mengenai cmd yang sering muncul tiba-tiba seperti gambar di bawah ini :

gambar saat cmd tiba-tiba muncul

Hal ini mungkin pernah terjadi pada laptop atau komputer teman-teman, Namun ketika kita pelajari cara menghilangkan nya melalui blog atau youtube banyak yang menyarankan dengan menggunakan rkill atau menghapus cmd.exe pada system windows nya. Cara ini mengkin bisa membantu menghilangkan, Namun berdasar hal yang pernah saya alami cara di atas sama sekali tidak berpengaruh, bahkan ada juga yang menyarankan untuk di install ulang aja komputernya, waduhh...

Waktu cmd sering muncul-muncul pada komputer saya ketika saya download software melalui browser mozila, Nah waktu download kan biasa muncul iklan-iklan gak jelas yang ganggu, hal ini juga bikin agak ngelek, sebelum download berjalan sering terjadi ngelek entah karna iklan atau yang lain, nah waktu itu tiba-tiba muncul kotak hitam seperti cmd yang sering muncul jelang beberapa menit sekali.

Mungkin hal ini karna virus namun ketika di bersihkan dengan anti virus juga gak ada pengaruh, melalui rkill juga gak bisa.

Pertama coba kita cek dulu hal ini :

Buka Computer Kemudian lihat di bagian atas ada tulisan System properties seperti gambar di bawah ini :

Kemudian setelah di klik pilih Advanced system settings seperti gambar di bawah ini :


Kemudian Setelah di klik pilih Environment Variables seperti gambar di bawah ini :


Kemudian lihat di System variables cari tulisan variable nya Path dan lihat Value nya seperti gambar di bawah ini :

Jika pada Path Tulisan Value nya C:\Windows\System32\cmd.exe atau persis sama seperti di atas inilah bentuk normalnya, Namun jika pada komputer/laptop teman-teman sama seperti di atas namun cmd nya masih sering muncul hapus saja tulisan cmd.exe nya kemudian tekan ok, kemudian restard komputer/laptopnya, lihat hasilnya apakah sudah berubah??

Jika di komputer/laptop teman-teman tulisan pada Path nya tidak seperti di atas atau banyak tulisan-tulisan yang lain, hapus saja kemudian ikuti tulisan yang di atas kemudian tekan ok, kemudian restard komputer/laptopnya, apakah ada perubahan??

Jika cara di atas masih belum bisa, itu artinya komputer/laptop teman-teman sudah lelah caranya di istirahatkan saja, kira-kira jika sudah tidak ada urusan apa-apa lagi pada komputer/laptop nya, sebelum di matikan kamputer/laptopnya bersihkan virus, kemudian gunakan cara rkill, dan gunakan juga cara di atas, kemudian matikan komputer/laptopnya atau shut down. Kemudian hidupkan lagi setelah kira-kira 2 hari atau lebih, cara ini jika kalian udah gak ada urusan lagi sama komputer/laptopnya dalam waktu dekat.

Mudah-mudahan cara di atas membantu ya bro...
Terima Kasih sudah berkunjung
Thursday, September 21, 2017 September 21, 2017 - tanpa komentar

No comments:

Post a Comment