Studi Informatika

Panduan Pembelajaran Ilmu Teknologi & Komputer

Saturday, November 25, 2017

Belajar Cisco Packet Tracer

Halo Teman-teman, kali ini saya akan menulis atau memberika tutorial-turorial tentang Cisco Packet Tracer, nah tutorial-tutorial yang nanti akan di jelaskan insya allah mudah untuk diikutin apalagi kalau ada yang baru mengenal Cisco, Sebelumnya kita praktek teman-teman harus tau dulu tentang cisco berikut penjelasan pendahuluannya.


Cisco Packet Tracer adalah tools e-learning yand dibuat oleh Cisco yang akan mensimulasi cara kerja suatu jaringan berdasarkan topologi dan konfigurasi yang diberlakukan oleh penggunanya persis seperti aslinya. Versi perangkat lunak Cisco Packet Tracer yang digunakan penulis saat membuat tulisan ini adalah versi 5.1 seperti yang terlihat pada splash screen pada gambar dibawah ini:



Gambar diatas adalah Splash Screen Ketika Memulai Cisco Packet Tracer v5.1



Sedangkan gambar tampilan utama pada cisco dibawah ini:





ASUMSI



Diasumsikan bahwa perangkat lunak Cisco Packet Tracer sudah terinstal, pembaca telah mengetahui dasar TCP/IP, serta mengetahui dasar-dasar operasional perangkat lunak Cisco Packet Tracer ini. Sehingga modul ini bertujuan untuk pemanfaatan lanjut dari perangkat lunak. Selain itu, juga karena perangkat lunak ini sudah disertakan video tutorial lengkap untuk dasar-dasar operasionalnya. Bagi pembaca yang belum pernah menggunakan perangkat lunak ini, sangat disarankan untuk melihat video



tutorialnya terlebih dahulu yang bisa diakses melalui menu: Help -> Tutorials atau dengan menekan tombol F11 pada jendela utama.



Nah setelah membaca sedikit penjelasan cisco diatas mudah-mudahan bisa di mengerti ya..

Kemudian kita akan masuk pada tutorial-tutorialnya, kita akan membuat beberapa simulasi-simulasi yang cukup mudah untuk diikuti, lansung saja klik dibawah ini untuk tutorial pertama . :)

Saturday, November 25, 2017 November 25, 2017 - tanpa komentar

No comments:

Post a Comment