Studi Informatika

Panduan Pembelajaran Ilmu Teknologi & Komputer

Wednesday, April 18, 2018

Contoh Penulisan Latar Belakang

Judul
PERANCANGAN APLIKASI JADWAL
PUASA SUNNAH BERBASIS
ANDROID




Berdasarkan judul di atas berikut adalah contoh latar belakang dalam penulisan proposal / skripsi :




1.1  Latar Belakang
            Puasa sunnah merupakan amalan yang sangat spesial banyak riwayat yang menjelaskan keutamaan dalam melakukan ibadah puasa salah satunya adalah dikatakan bahwa setiap amalan akan dilipatgandakan sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kebaikan yang semisal. Kemudian dikecualikan amalan puasa. Amalan puasa tidaklah dilipatgandakan seperti tadi. Amalan puasa tidak dibatasi lipatan pahalanya. Oleh karena itu, amalan puasa akan dilipat gandakan oleh Allah hingga berlipat-lipat tanpa ada batasan bilangan.
            Selain pahala yang besar amalan puasa juga baik untuk kesehatan, dalam ilmu kesehatan dijelaskan bahwa tubuh memerlukan waktu delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh mampu berpuasa bila diberi asupan terlebih dahulu. Oleh karena itu islam menganjurkan atau sunnah hukumnya untuk makan sahur sebelum berpuasa, karena berpuasa itu amalan yang menyehatkan tubuh yang mengatur atau negendalikan asupan makanan yang kita makan sehari-hari sehingga bermanfaat bagi kesehatan diantaranya adalah dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. Selain itu puasa juga dapat menyehatkan jantung, mengurangi resiko kanker dan menjaga berat badan.
            Karna mengerjakan amalan ibadah puasa adalah amalan yang sangat besar manfaatnya, baik dalam ganjaran pahala yang besar maupun juga baik untuk kesehatan selain itu juga bisa melatih diri untuk sabar dan menahan hawa nafsu sehingga bisa menambah keimanan dan ketaqwaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan banyaknya manfaat dalam mengerjakan ibadah puasa banyak orang-orang termotivasi untuk mengerjakannya, namun banyak yang lupa atau bahkan tidak tau puasa-puasa sunnah apa saja yang memang sangat baik untuk diamalkan.
            Dalam pemaparan diatas tampak bahwa banyak orang-orang yang senang dalam melakukan amal ibadah puasa sunnah, namun karna ada puasa sunnah yang bisa dikerjakan 2x dalam seminggu, 3x dalam sebulan, atau bahkan 1x dalam setahun. Dengan berbeda jenis puasa yang diamalkan tentu banyak yang lupa kapan waktu puasa-puasa yang di anjurkan itu dikerjakan.
            Untuk itu diperlukan pengingat jadwal atau waktu mengerjakan puasa sunnah bagi umat islam. Karena ada beberapa puasa sunnah yang dikerjakan 1 kali dalam setahun dan ada juga puasa yang dikerjakan 3 kali dalam sebulan, untuk itu kemungkinan besar banyak orang-orang yang lupa waktu puasa-puasa tersebut dikerjakan.
            Di zaman modern ini, tentu hal yang paling dekat dengan seseorang adalah smartphone, karna lebih mudah dibawa dan juga bisa membantu berbagai urusan khususnya sebagai pengingat, seperti pengingat jadwal kerja, jadwal kuliah, atau jadwal tugas, bisa juga sebagai alarm untuk membangunkan tidur, dan juga yang paling banyak umat islam gunakan untuk pengingat waktu sholat. Dengan banyaknya manfaat yang sudah digunakan smartphone untuk itu, Aplikasi berbasis mobile adalah jawaban untuk masalah ini yang tentunya mampu membantu untuk mengingatkan jadwal-jadwal puasa sunnah.
            Terdapat berbagai platform mobile, salah satunya adalah android. Permasalahannya adalah tidak semua orang mau menyimpan aplikasi dalam ukuran yang besar yang menggunakan memori cukup besar, apalagi aplikasi ini merekap data-data puasa sunnah dalam setahun tidak seperi jadwal sholat yang bisa direkap dalam sebualan. Untuk itu, dalam menyelesaikan permasalahan ini digunakan web yang berguna untuk sebagai database sehingga mampu mengurangi ukuran memori yang digunakan untuk menyimpan data, memang kelemahannya adalah aplikasi ini hanya bisa digunakan secara online, namun dengan makin berkembangnya teknologi kemungkinan besar setiap orang yang menggunakan smartphone pasti terhubung ke internet untuk itu hal ini bukanlah sebagai suatu permasalahan.

Untuk melihat contoh Identifikasi Masalah klik link di bawah:



Sekian dan Terima Kasih....




Wednesday, April 18, 2018 April 18, 2018 - tanpa komentar

No comments:

Post a Comment