Studi Informatika

Panduan Pembelajaran Ilmu Teknologi & Komputer

Monday, April 2, 2018

Tinjauan Umum Sistem Operasi

Sejarah Sistem Operasi

Genarasi I (1945-1955): Tabung Vakum dan plugboards

Awal perkembangan sistem komputer terjadi sekitar tahun 1940-an, yang dipimpin oleh Howard Aiken dan john Von Neuman.  Ukurannya sangat dan prosesnya sangat lambat menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. sebagai perbandingan mesin yang fungsinya kurang lebih sama dengan kalkulator biasa, dengan kecepatan jutaan kali lebih lambat dibanding komputer sekarang.



Gambar . Tabung Vakum


Generasi II (1955-1965) Transistor dan Sistem Batch

Transistor digunakan untuk mengganti fungsi tabung vakum segera membawa perubahan besar dalam pengembangan sistem komputer. 
SO pada masa ini menggunakan sistem operasi FMS (fotran monitor system) yang bertugas menyalin program kememori, menyerahkan kendali eksekusi keprogram, mengambil kembali kendali atas komputer setelah program selesai.
Resident monitorà priogram kecil yang selalu ada dimemori untuk membantu job-job yang diberikan user.
Contoh output = punch card

 
Gambar transistor


Komputer generasi kedua IBM 700



Generasi III (1965-1980) ICS dan Multi Programming

Kemajuan generasi ketiga dengan penggunaan sistem oeprasi yang memungkinkan mesin menjalankan beberapa program .
Sistem I/O pada generasi ini dirancang sedemikian rupa sehingga operasi pembacaan kartu plong dan pencetakan kartu dan pencetakan keprinter dapat dilakukan secara simultan dengan eksekusi prosesor.
Untuk meningkatkan utilitas prosesor secara maksimal dikembangkan konsep multi programming yaitu kemampuan sistem operasi untuk mengeksekusi sejumlah job secara simultan.


 
Gambar  komputer generasi ketiga


Generasi IV (1980-2000AN) :PC

Perkembangan pada pada generasi ini memungkinkan pemgemasan jutaan transistor dalam sekeping chip dan memproduksi secara massal.
Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar. Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro.

 
Contohnya: PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core to Duo, Quad Core, Core i3, i5, i7, dsb. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.



Generasi V (2000AN-SETERUSNYA)Mikro Computer dan Embedded Systems

Komputer pada generasi sekarang ini berukuran kecil (nanocomputer) dapat ditemukan pada telepon seluler, alat permainan (playstation), TV ,mobil , peralatan hiburan dan alat sensor.



Fungsi Sistem Operasi

1)Sebagai mesin abstraksi (extended machine) bagi pengguna dan program apilikasi
2)Pengelola sumber daya komputer (resource manager)
Komponen sistem operasi
1.Komponen manajemen proses
2.Komponen manajemen memori
3.Komponen manajemen device
4.Komponen manajemen berkas/file


Layanan sistem Operasi dan system call
Salah satu fungsi dari sistem operasi adalah untuk menyediakan layanan, serta antar muka bagi pengguna dan maupun program aplikasi.
Pengguna berinteraksi dengan sistem operasi menggunakan suatu program antar muka (shell), yang berbasis teks (CUI) dan berbasis graphic (GUI) .
System call à prosedur atau rutin yang disediakan oleh pustaka API.
Windows memiliki spesifikasi Win32 API.
Umumnya berisi trap(semacam sinyal interupsi perangkat lunak) untuk memanggil rutin-rutin dari sistem operasi.


Pengaksesan terhadap sistem berkas

Data-data keluaran program aplikasi maupun kode-kode instruksi program disimpan sebagai berkas pada media penyimpanan sekunder.
Sistem call memberikan layanan pengelolaan direktori seperti membuat , menghapus dan mengubah nama direktori.
Layanan lainnya yang disediakan oleh sistem call antara lain membaca waktu,mengirimkan sinyal kesistem, mengubah direktori aktif. Untuk SO windows banyak sistem call antara lain untuk menciptakan elemen antar muka grafis  seperti windows, warna garis dan sebagainya.



Struktur Sistem Operasi
1)Struktur Monolitik


Struktur MS.DOS



Struktur berlapis (layered)

Struktur sistem operasi THE


Struktur client server (microkernel)
Pada bagian sistem operasi ini disebut dengan mikrokernel yang pada intinya bertugas untuk memfasilitasi komunikasi proses program aplikasi (clients proses) dengan proses sistem operasi seperti server berkas, server memori ataupun sever proses.

Arsitektur sistem client-server


  
 Terima kasih dan semoga bermanfaat :)
 
 
 
Monday, April 2, 2018 April 02, 2018 - tanpa komentar

No comments:

Post a Comment