Studi Informatika

Panduan Pembelajaran Ilmu Teknologi & Komputer

Monday, August 13, 2018

ANALISIS DATA DAN PENGUJIAN HIPOTESIS


pendahuluan
=> Penelitian kuantitatif mendeskripsikan karakteristik sampel dalam proporsi, persen, rata-rata atau simpangan baku. Sebaliknya penelitian kualitatif tidak mendeskripsikan karakteristik sampel dalam proporsi, persen atau rata-rata kecuali pada keadaan tertentu yang memerlukan perhitungan jumlah kejadian suatu kategori yaitu ketika penelitian kualitatif melakukan analisis isi (Rice dan Ezzy,2001)

Menyiapkan data untuk analisis
=> Tes atau uji statistik merupakan sarana utama untuk melakukan interpretasi terhadap hasil-hasil data penelitian. Dengan demikian dapat diberikan bukti untuk menentukan validitas suatu hipotesis atau kesimpulan.
=> Uji statistik untuk membuat kesimpulan berdasarkan keputusan diterima oleh ditolaknya hipotesis di sebut statistik inferensial, sedangkan yang mendeskripsikan sekelompok data atau keadaan disebut statistik deskriptif.

Mengodekan   
=> Jika data tidak langsung diolah/dimasukkan kedalam komputer secara manual, mungkin lebih baik respon responden dimasukkan pada saat instrumen pengkodean digunakan pertama kalinya untuk mentranskripsi data kuesioner.

Tujuan utama analisis data
=> Adapun tujuan dari analisis data adalah sebagai berikut:
1. Memahami data
2. Menguji kualitas data
3. Menguji hipotesis penelitian

Reduksi data
=> Rancangan analisis data merupakan berbagai alat analisis data penelitian agar rumusan masalah penelitian dapat terpecahkan, hipotesis penelitian dapat dibuktikan atau diuji dan akhirnya tujuan dapat dicapai.
=> Reduksi data artinya sebagai proses pemilihan, pemusataan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang muncul dari catatan lapangan.

Statistik deskriptif dan statistik inferensial
=> Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau mengambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku secara umum atau generalisasi.
=> Statistik inferensial sering juga disebut statistik induktif atau statistik probabilitas, merupakan teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi.

Statistik parametrik dan statistik nonparametrik
=> Statistik parametrik digunakan untuk menguji parameter populasi melalui statistik atau menguji ukuran populasi melaluidata sampel.
=> Statistik nonparametrik tidak menuntut terpenuhnya banyak asumsi misalnya data yang akan dianalisis tidak harus didistribusi normal.

Prosedur analisis data multivariat
=> Secara umum terdapat dua metode dalam analisis data multivariat yaitu:
1. Metode interdependen
2. Metode dependen

Bentuk hipotesis
=> Hipotesis merupakan jawaban sementara dari rumusan masalah atau submasalah yang diajukan penelitian yang dijabarkan dari landasan teori atau kajian teori.
=> Bentuk-bentuk dari hipotesis yaitu :
1. Hipotesis deskriptif
2. Hipotesis komperatif
3. Hipotesis asosiatif

Karakteristik hipotesis yang baik
=> Adapun kegunaan dari hipotesis yang baik adalah sebagai berikut:
1. Memberikan penjelasan sementara tentang gejala-gejala serta memudahkan perluasan pengetahuan dalam suatu bidang
2. Memberikan suatu pertanyaan hubungan yang langsung dapat diuji dalam penelitian
3. Memberikan arah pada penelitian
4. Memberikan kerangka untuk melaporkan kesimpulan penyelidikan

Konsep dasar pengujian hipotesis
=> Statistik hipotesis yang diuji adalah nol. Maksud nya adalah pernyataan tidak adanya perbedaan antara parameter dengan statistik  (data sampel). Lawan dari hipotesis nol adalah hipotesis alternatif yang menyatakan adanya perbedaan antara parameter dan statistik


Terima Kasih
Monday, August 13, 2018 August 13, 2018 - tanpa komentar

No comments:

Post a Comment