Studi Informatika

Panduan Pembelajaran Ilmu Teknologi & Komputer

Sunday, August 12, 2018

ETIKA PENELITIAN DAN PLAGIARISME



Etika penelitian TI
Untuk melakukan penelitian bidang teknologi informasi, baik penelitian maupun manajer proyek penelitian terlibat dalam masalah etika penelitian. Etika adalah norma atau standar perilaku yang memandu pilihan moral mengenai perilaku dan hubungan kita dengan orang lain. Tujuannya adalah untuk menjamin bahwa tidak ada seorang pun yang dirugikan atau menanggung konsekuensi yang merugikan dari kegiatan penelitian. Ada empat pihak yang berhak atas penelitian yaitu:
1.Hak Masyarakat
2.Hak Subjek Penelitian
3.Hak Klien
4.Hak Peneliti

Menghindari plagiarisme atau plagiat
=> Masalah ini erat kaitanya dengan istilah plagiarisme. Plagiarisme menjadi salah satu isu penting tidak hanya dalam dunia akademik di indonesia, namun juga dinegara maju apalagi dengan semakin berkembangnya TI yang memungkinkan seseorang mengambil ide orang lain dengan mudah
=> Definisi plagiarisme adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan sendiri
=> Bentuk-bentuk plagiarisme adalah sebagai berikut:
1. Mengaku tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri
2. Mengaku gagasan orang lain sebagai pemikiran sendiri
3. Mengakui temuan orang lain sebagai kepunyaan sendiri
4. Mengakui karya kelompok sebagai kepuyaan atau hasil sendiri
5. Menyajikan tulisan yang sama dalam kesempatan yang berbeda tanpa menyebutkan sumbernya
6. Meringkas dan memparafraskan tanpa menyebutkan sumbernya
7. Meringkas dan memparafrasakan dengan menyebutkan sumbernya tetapi rangkaian tergolong plagiarisme

Nilai informasi penelitian  
=> Apabila nilai penelitian lebih besar dari biaya penelitian, penelitian tersebut dapat dilaksanakan. Sebaliknya, jika nilai penelitian sama atau lebih kecil dari biaya penelitian yang dikeluarkan perusahaan, sangat logis kalau manajemen menolak dilaksanakannya penelitian tersebut ( kuncoro, 2009).
=> Untuk mengetahui seberapa besar nilai penelitian yag akan dilakukan, manajemen dapat menggunakan teknik penilaian informasi. Beberapa cara penilaian informasi penelitian yang dapat digunakan antara lain adalah analisis keputusan bayesian, metode penghematan sederhana, pengembalian investasi dan metode nilai sekarang

Peran penelitian dalam pengambilan keputusan
=> Ada dua hal yang terkandung dalam pengertian penelitian TI yaitu :
1. Penelitian ini merupakan penyelidikan yang sistematis dan kritis atas fenomena yang dikendalikan oleh penelitian
2. Lingkup penelitian akan meliputi segala macam fenomena terkait yang diperlukan dalam pengambilan keputusan manajerial sistem informasi.
=> Seorang manajer yang dihadapkan pada dua atau lebih pilihan tindakan informasi proyek bisnis biasanya menghadapi keputusan apakah penelitian diperlukan atau tidak.
=> Keputusan diperlukannya penelitian TI atau tidak akan tergantung pada :
1. Kendala waktu
2. Ketersedian data
3. Jenis keputusan yang harus diambil
4. Nilai informasi yang dihasilkan oleh penelitian TI dibandingkan biayanya.

Laporan penelitian dan presentasi  
=> Tujuan laporan hanya memberikan perincian mengenai suatu bidang spesifik yang diminta oleh seorang manajer, laporan bisa sangat difokuskan dan memberikan informasi yang diinginkan manajer dalam format ringkas.
1. Laporan Deskriptif  Sederhana
2. Laporan Untuk Menjual Ide
3. Situasi di mana lpaoran komprehensif dan memberikan solusi alternatif

Karakteristik laporan yang baik
=> Penulisan laporan merupakan fungsi tujuan penelitian dari tipe audiens kepada siapa laporan di tujukan. Oleh karena itu laporan harus disusun agar mencakup keduanya ciri dasar tertentu juga integral untuk semua laporan tertulis sebagai berikut:
1. Kejelasan
2. Keringkasan
3. Koherensi
4. Tekanan yang tepat pada aspek penting, susunan paragraf yang berarti dan transisi yang lancar dari suatu topik yang lain.     
Isi laporan penelitian
=> Isi laporan akan mencakup perincian yang berkaitan dengan kerangka penelitian, hipotesis penelitian (jika ada), desain pengambilan sampel, metode pengumpulan data, analisis data, implementasi program dan hasi yang diperoleh.
=> Penelitian yang tepat dan dilakukan dengan baik akan kehilangan semua nilainya jika tidak ditampilkan secara pantas dalam tulisan. Supaya dianggap bergun, laporan harus memberikan dasar pemikiran yang baik untuk studi, memaparkan masalah yang diteliti dengan jelas, memaparkan sepenuhnya dan secara memadai hasil analisis data, seta menginterpretasikan data dengan cara yang mudah dipahami pembaca.

Landasan teori
=> Landasan teori diperlukan sebagai dasa teoretis pembuatan program. Berikut ini kesalahan yang sering timbul dalam penulisan landasan teori (polina dan siang,2005)
1. Teori terlalu panjang atau luas
2. Tidak menuliskan teori yang digunakan
3. Mengutip beberapa buku referensi yang berbeda secara sembarangan

Perancangan sistem  
=> Bagian dari perancangan sistem adalah sebagai berikut:
1. Perancangan sistem
2. Perancangan masukan dan keluaran
3. Perancangan proses
4. Perancangan  antarmukan
5. Perancangan struktur  data
Implementasikan sistem
=> Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa dalam melaporkan bagian implementasi yaitu menuliskan hampir semua listing programnya dan mengisi suatu subbab hanya dengan potongan program;
1. Menuliskan hampir semua listing programnya
2. Mengisi suatu subbab hanya dengan potongan program

Hasil dan pembahasan  
=> Hasil penelitian
  Dalam pembuatan hasil penelitian melibatkan komputasi, memuat banyak iterasi atau implementasi algoritme dan langkah penyelesaian manualnya. Isi data yang sam persis dengan yang kita pakai di bab tersebut ada semua form masukan. Lalu ditangkap oleh form keluaran. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa keluaran program kita sama dengan dasar teori yang dipakai di bab tersebut.

=> Pembahasan atau analisis merupakan bagian ini menjawab permasalahan dan tujuan dari penelitian.
=> Kesimpulan harus menjawab permasalahan dan tujuan yang dijabarkan pada bab 1-4. beberapa kesimpulan utama umumnya merupakan rangkuman dari apa yang ditulis secara panjang lebar di bagian pembahasan bab.


Terima Kasih....
.
Sunday, August 12, 2018 August 12, 2018 - tanpa komentar

No comments:

Post a Comment